Nokia PC Suite For Ubuntu

Saturday, January 5, 2013




Setelah browsing sana-sini akhirnya menemukan satu software yang cukup berguna, ini adalah PC Suite untuk Ubuntu. Nama software ini adalah Nokuntu, dari namanya sudah bisa ditebak. Ya, ini adalah PC Suite untuk hh Nokia. Apps ini bukan versi resmi dari Nokia a.k.a Unofficial version, meskipun begitu fitur yang di dukung lumayan banyak, diantaranya :
  1. File browser
  2. Kirim dan terima pesan (Belum berhasil di N73)
  3. Sinkronisasi kontak
  4. Berbagi koneksi inet
  5. Smartcam (Webcam mobile) (unduh apps javanya untuk mobile terlebih dahulu)

Nah, setelah mengetahui fitur-fiturnya sekarang waktunya menginstal. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Download file nokuntu dari link ini http://sourceforge.net/projects/nokuntu/ (ukuran 500kB)
  2. Jalankan file yang telah terdownload dengan Ubuntu Software Center atau GDebi Package Intsaller. Saat proses instalasi memerlukan beberapa paket dependesi yang berukuran 10 MB yang akan otomatis terdownload, jadi pastikan PC/Laptop anda memiliki koneksi internet.
  3. Selesai. Sekarang, jalankan Nokuntu dari Menu. (setiap kali di jalankan, maka akan meminta password root anda, karena apps ini akan menjalankan perintah dari terminal yang membutuhkan autorisasi sebagai root/SuperUser)

Catatan :
1. Jika gagal saat penginstalan, coba download aplikasi dengan versi lebih rendah, setelah itu install lagi versi terbaru. (Pengalaman pas install versi terbaru, malah gagal di ubuntu ku)

2. Jika ada kegagalan dalam menjalankan Apps, mungkin karena obextool belum terintsal. Saya telah mencoba di Ubuntu 12.04 LTS dan hh Nokia N73-ME (obextools telah terinstall secara default di Ubuntu 12.04). Untuk menginstallnya cukup ketikkan perintah berikut di terminal/Console :
sudo apt-get install obextool”

 
Noob's blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions