Working with CAD Program on Ubuntu

Monday, December 24, 2012

Sebagai mahasiswa teknik mesin terutama spesialisasi produksi a.k.a manufacturing program CAD adalah software vital yang sangat dibutuhkan. Waktu menggunakan OS Windows biasanya saya menggunakan AutoCAD (student version) yang diberikan gratis oleh pihak AutoDesk. Tapi semenjak bermigrasi ke OS GNU/Linux Ubuntu saya telah mencoba banyak aplikasi CAD. Memang ada beragam aplikasi CAD yang tersedia di Ubuntu Software Center. Dari banyak software, sebelumnya saya memilih LibreCAD. Tampilan antar muka yang sederhana dan fitur-fitur dasar program CAD sudah tersedia. Kemudian setelah browsing kesana-kemari akhirnya saya menemukan program CAD yang lumayan untuk menggantikan AutoCAD tapi kekurangannya adalah belum bisa mendesain gambar 3D. Program ini adalah DraftSight, kemampuan 3D tidak disematkan pada versi Free, karena ini merupakan proprietary software alias berbayar, untuk menikmati seluruh fitur harus membeli lisensi dari pihak yang bersangkutan. Untuk saat ini saya sudah puas dengan program 2D yg diberikan, untuk mendesain 3D saya harus banyak belajar lagi. Mungkin Blender adalah alternatif terakhir untuk desain 3D.

 
Noob's blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions