Troubleshooting

Friday, December 14, 2012

Postingan kali ini saya akan menuliskan masalah yang saya temui setelah mengistall ubuntu beserta cara menyelesaikannya.
 Permasalahan  :
  1. Tombol ShortCut brightnessnya ( Fn+Fx ) tidak berfungsi sempurna.
  2. Modem GSM tidak terdeteksi.
  3. Bluetooth tidak bisa on setelah di set off.
  4. Gwibber tidak mau konek ke facebook.
  5. Baterai yang super boros, cuma mampu bertahan 30 menit.
  6. Sering muncul apport kalo lagi ada masalah, lumayan mengganggu aktivitas.
  7. TouchPad untuk sentuhan 3 jari tidak berfungsi, maskimal hanya 2 jari.
Mungkin diantara kita ada yang mengalami masalah yang serupa, saya merangkum dari beberapa blog untuk menyelesaikan masalahnya :
1. Tombol shortcut brightness tidak berfungsi normal.
     Saat menekan tombol Fn+F2 dan Fn+F3 kecerahan layar cuma naik dan turun satu tingkat. Tapi jika di set melalui System Setting => Brightness and Lock, kecerahan bisa sampai ke tingkat paling rendah. Untuk memperbaiki masalah ini silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
buka terminal (Ctrl+Alt+T) dan ketik
      sudo gedit /etc/default/grub

cari tulisan
 GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
kemudian rubah menjadi seperti ini, 
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_osi=linux acpi_backlight=vendor"  
Setelah itu, disimpan dan tutup gedit. Lalu, upgrade grub dengan perintah
sudo update-grub && reboot.


2. Modem GSM tidak terdeteksi.
Saya menggunakan modem "Spectra FLASH" awalnya sangat susah untuk menghubungkan modem ini ke internet. Bagi yang punya masalah seperti ini silahkan unduh filenya di http://www.sakis3g.org/versions/latest/i386/sakis3g.gz. Cara menjalankan programnya :
  • Ekstrak berkas unduhan, kemudian klik kanan pada sakis3g.sh lalu pilih properties -> Tab Permission -> centang "Allow executing file as a program" dan Close.
  • Tancapkan USB GSM Modem anda, lalu dobel klik pada sakis3g.sh kemudian pilih -> Connect -> dan pilih USB Device. Jika diminta data mengenai APN, silahkan isi sesuai data kartu GSM yang kita pakai.
  • Beberapa kali saya masih gagal untuk konek, caranya pilih -> more option -> prepare USB -> USB device, atau pilih ->Switch modem lalu konek melalui Network Connection yang ada di panel sudut kanan atas.
3. Bluetooth tidak bisa diaktifkan kembali.
    Caranya simple adalah uninstall apps Bluetooth di Ubuntu Software Center, kemudian install Bluetooth-manager, hasil dari trial-And-Error.

4. Gwibber tidak mau konek ke facebook
     Saya hanya mendapatkan tulisan Succes saat melink-kan gwibber ke Fb, tapi tidak ada hasil. Untuk mengatasinya adalah mengupdate Gwibber, sebelumnya hapus dulu Gwibber yang sudah terpasang kemudian, update repository (sudo apt-get update)  lalu buka Ubuntu Software center dan re-install Gwibber dari sana.

5. Baterai yang super boros.
     Sebelumnya baterai laptopku hanya mampu bertahan 30menit (bahkan kurang dari itu), sempat berfikir untuk kembali ke windows. Untuk menghemat pemakaian daya, silahkan install Jupiter. Tutorialnya di SINI.


6. Sering muncul apport
Apport adalah aplikasi yang bertugas melaporkan kesalahan (Error) yang terjadi kepada tuannya ubuntu. Tapi sering menjadi pengganggu di desktop. Untuk men-disable-kan dengan cara ini. Seperti biasa, buka terminal dan ketik :
  • gksu gedit /etc/default/apport
  • terus ubah tulisan enabled=1 menjadi enabled=0
  • Setelah itu, save dan close jendela gedit. 
7. Touchpad tidak mendeteksi sentuhan 3 jari
 Buka Ubuntu software center dan cari "Synaptiks", install dan setting touchpad. Kalau app ini belum ada, berarti anda harus melakukan update system.

Sumber :
http://askubuntu.com/questions/93457/how-do-i-enable-or-disable-apport
http://askubuntu.com/questions/123604/how-do-i-make-screen-dimming-work-in-ubuntu-12-04-beta-2

 
Noob's blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions