Instalasi Ubuntu 12.04 LTS

Friday, December 14, 2012

  Hal pertama yang dilakukan untuk menggunakan Ubuntu dan Varian GNU/Linux lainnya adalah dengan memasang sistem operasi tersebut kedalam PC atau Notebook kita dan atau yang hanya sekedar ingin mencoba sistem operasi ini bisa dengan menjalankan "Wubi" pada program installer yang diikut sertakan dalam berkas *.iso yang telah diunduh (dalam hal ini, Ubuntu). Atau dengan cara lain yaitu membakar file iso tadi ke dalam kepingan CD/DVD atau bisa juga membuat bootable USB.Kemudian mengatur "First Boot Device" ke CD/DVD drive Atau USB/Flash-disk melalui pengaturan BIOS (untuk mengetahui cara memasuki mode BIOS, silahkan baca User manual komputer kita masing-masing). Setelah itu, sistem operasi bisa langsung kita jelajahi tanpa menginstallnya ke Hardisk dan tidak mempengaruhi data-data kita sebelumnya.

    Bagi yang ingin memasang sistem operasi ini, silahkan mengikuti langkah-langkah dibawah.

0. Siapkan satu partisi kosong untuk dipasangi Ubuntu (cara ini agar memudahkan kita nantinya) disarankan ukurannya 16GB atau lebih.

1. Siapkan CD installer Ubuntu, atau Bootable USB kita.

2. Pastikan komputer menggunakan media penginstalan kita sebagai media boot pertama (First boot device) pada BIOS.

3. Masukkan CD/pasang UFD kita dan hidupkan komputer.

4. Tunggu sampai Ubuntu memasuki mode LiveCD, bila anda diberikan beberapa pilihan. Silahkan pilih "Try Ubuntu without installing" atau bisa juga langsung memilih "Install ubuntu"

5. Berikutnya bila muncul masalah seperti dibawah, klik saja "cancel".


6. Bila tadi memilih "try ubuntu without installing". Untuk menginstall, dobel klik pada "Install ubuntu xx.xx" pada shortcut di desktop.

7. Selanjutnya, akan muncul jendela pemilihan bahasa. Setelah memilih bahasa klik tombol "Continue".

8. Kemudian akan muncul lagi jendela yang memberitahukan status laptop serta saran untuk mengunduh berkas pembaruan dan aplikasi dari pihak ketiga. Pilihan ini boleh diabaikan bila tidak ada koneksi internet. (mengunduh berkas pembaruan dan aplikasi pihak ketiga sangat disarankan, agar sistem dapat berjalan stabil {dalam beberapa kasus, ubuntu tidak berjalan normal di beberapa merk dan type laptop} dan agar kita bisa memainkan berkas multimedia {Ubuntu tidak disertai secara default codec untuk memainkan berkas multimedia}). Lalu klik lagi "continue".


9. Jendela selanjutnya adalah memilih type pemasangan. Sebenarnya tipe pemasangan ini ada 3.
    1. Install alongside "nama OS"
       Ini bila anda sudah punya os lain sebelumnya, akan secara otomatis membagi partisi kita.
    2. Erase the disk and Install ubuntu.
       Hati-hati memilih yang kedua, pastikan seluruh data anda telah di backup, karena pilihan ini akan menghapus seluruh isi hardisk. Termasuk os yang sudah terpasang sebelumnya juga akan terhapus.
    3. Something else
       Menurut saya ini adalah cara paling aman. Dan langkah selanjutnya yaitu menggunakan cara ketiga ini.

10. Pilih "something else" kemudian klik "continue"


11. Maka akan muncul jendela baru lagi, silahkan Pilih "Add" pada partisi kosong yang telah kita buat tadi (ditandai dengan nama partisi "free space").


12. Kemudian masukkan berapa ukuran hardisk yang ingin kita pasangkan Ubuntu pada kolom "New partition size in megabytes" (harap dicatat ini menggunakan satuan Mb/Megabyte bukan MB/MegaBite {1Bite=8byte}). Lalu pada kolom "use as" pilih "Ext4 journaling file system", dan pada Mount point langsung saja isi dengan tanda "/". Terakhir klik "OK". Ingat untuk menyisahkan ruang pada partisi ini untuk digunakan sebagai partisi SWAP, setidaknya seukuran dengan RAM kita.


13. Selanjutnya, membuat partisi SWAP dari sisa partisi "/" yang dibuat tadi. Caranya, klik lagi tombol "add" lalu ubah kolom "use as" dari Ext4 menjadi "Swap area". Dan Klik "OK".

14. Setelah muncul 2 partisi baru seperti di bawah ini, artinya Ubuntu siap dipasang. Klik "Install now".


15. Jendela berikutnya adalah menentukan lokasi kita. Bisa dengan cara mengetik nama kota pada kolom di bawah peta atau mengklik langsung daerah kita melalui peta. Dan klik "continue".


16. Selanjutnya memilih jenis kayboard layout. Bisa diabaikan (membiarkannya dalam keadaan default) dengan mengklik "continue".


17. Kemudian memasukkan data user account yang ingin kita buat, silahkan diisi sesuai keinginan dan klik lagi "continue". Setelah itu akan muncul jendela baru untuk memilih avatar kita atau mengambik foto kita melalui webcam.


18. Langkah selanjutnya hanya menunggu sampai sistem operasi terpasang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit (bisa lebih cepat/lambat, tergantung spesifikasi komputer kita).


19. Setelah os terpasang, maka semuanya sudah siap. Terakhir akan ada dua pilihan lagi
    1. Continue testing : untuk tetap menggunakan ubuntu pada mode liveCD.
    2. Restart Now : Menjalankan kembali komputer untuk menggunakan os yang telah diinstall.

Selesai !

 
Noob's blog © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions